Informasi

RoadmapPengembangan Fitur Aplikasi "Jalan Kita"

HistoryLatar belakang pengembangan "Jalan Kita"

Untuk mendukung program MP3EI(Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), Puslitbang Jalan dan Jembatan telah melakukan pengembangan dalam bidang teknologi informasi dan telekomunikasi yang memiliki fokus terhadap pelayanan masyarakat pengguna jalan .

Pada saat ini informasi mengenai kondisi dan keadaan lalu lintas jalan yang berasal dari masyarakat belum dapat disampaikan secara langsung kepada pihak Puslitbang Jalan dan Jembatan, sehingga masyarakat cenderung memilih media cetak maupun elektronik seperti surat kabar, radio, televisi, maupun social media dan internet untuk memberikan informasi yang terkait jalan dan jembatan.

Jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan telepon seluler yang saat ini yang terus bertambah secara signifikan mengisaratkan bahwa memanfaatkan teknologi komunikasi melalui perangkat telepon selular sangatlah potensial untuk merambah masyarakat.

Dari fakta diatas, maka sangatlah tepat jika dibangun sistem perangkat lunak yang dapat diakses secara umum oleh masyarakat tanpa biaya dengan memanfaatkan teknologi berbasis pada smart phone.

Perangkat lunak ini berfungsi sebagai sarana untuk mengajak peran serta masyarakat secara real time dan mendetail, sehingga segala bentuk informasi mengenai jalan dan jembatan dapat disampaikan oleh masyarakat kepada Puslitbang Jalan dan Jembatan secara langsung.

Realtime Peta Informasi

Terintegrasi dengan layanan Googlemap, kita dapat menagkses informasi peta secara realtime. Menampilkan kondisi lalu-lintas (traffic) serta menampilkan titik-titik informasi yang diterima oleh server aplikasi Jalan Kita dalam 24 jam terakhir.
Realtime

#jalankita melalui Twitter

Dengan menambahkan tagar (hastag) #jalankita, kita dapat mengirimkan informasi kondisi lalu-lintas, jalan, dan jembatan di Indonesia melalui Twitter. Server aplikasi Jalan Kita secera otomatis melakukan grabbing informasi dan menyimpannya dalam server, dan tentu saja beserta foto dan lokasi GPS apabila diaktifkan
#jalankita

Reply Inbox Informasi

Informasi yang anda kirimkan akan secara otomatis diteruskan kepada Instansi Pengelola Jalan yang bertanggung jawab, anda memiliki halaman Inbox untuk memonitoring proses pemutakhiran respon terhadap informasi tersebut.
Reply Inbox

Distribusi Informasi

Informasi yang diterima oleh system akan didistribusikan kepada Instansi yang terkait berdasarkan wilayah adminitratif serta wilayah kewenangan pengelolanan jalan. Proses distribusi ini dilakukan secara otomatis sehingga lebih cepat dan akurat.
Distribusi

Tim Pengembang Aplikasi Jalan Kita

Nazib Faizal
Pantja Dharma
Iman Santosa
Dimas Dewandaru
Tricahyo Pangestu
Arief Bachtiar
Irfan K. Ardiwidjaya